Pengadilan Negeri Sumedang Kelas IBw3c
Kamis, 09 Desember 2021. Alih Bahasa :
Website Sedang Dalam Proses Pengembangan
Home PERESMIAN OPERASIONAL PENGADILAN BARU DI MAHKAMAH AGUNG RI

PERESMIAN OPERASIONAL PENGADILAN BARU DI MAHKAMAH AGUNG RI

Dibuat Oleh : Admin PTIP / Selasa, 04 Desember 2018 / Berita Terbaru


PERESMIAN OPERASIONAL PENGADILAN BARU DI MAHKAMAH AGUNG RI
Merujuk dari Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru pada tanggal 22 Oktober 2018 yang bertempat di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara untuk menyaksikan siaran bersama secara langsung dikantor pada 4 lingkungan peradilan yang ada dibawah mahkamah agung RI pada chanel mahkamah agung livehttps://www.youtube.com/chanel/UCOtpmZ2yK7_4n07nbRHDJVQ. Acara nobar ini dihadiri oleh seluruh pegawai PN Sumedang. Adapun acara peresmian di wilayah manado dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Sekretaris Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Agung, Bupati Kabupaten Kep. Talaud, Gubernur Sulawesi Utara, Ketua PT/PTA Manado, Ketua PTUN Makasar, Panitera PT Manado/PTA Manado, Sekretaris PT Manado/PTA Manado, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kep. Talaud, Ketua/Wakil Ketua PN/PA Baru serta para Kepala Daerah Kabupaten dari masing-masing PA/PN baru berdiri. Acara diawali oleh Sambutan Bupati Kep. Talaud mengucapkan terima kasih kepada Ketua Mahkamah Agung dan jajaran atas dibentuknya PN/PA Melonguane yang sudah lama dinanti-nantikan masyarakat Kep. Talaud. Dengan adanya Pengadilan Agama di Nunukan berarti pelayanan masyarakat yang lebih dekat, cepat dan murah bisa segera terwujud, dibanding masa-masa sebelumnya yang harus mengurus kepentingan hukumnya melalui PA/PN di Tahuna Kabupaten Sangihe yang menghabiskan biaya mahal karena sebelumnya Kab Talaud dengan ibu kota Melonguane termasuk dalam wilayah hukum PN/PA Tahuna di Kab Sangihe, padahal antara Kab Talaud dengan kab Sangihe terpisah oleh laut. Dua kabupaten tersebut hanya dapat ditempuh dengan transportasi udara dengan rute Talaud-Manado-Sangihe. Selanjutnya Bupati menyatakan Pemerintah Kabupaten Kep. Talaud siap bekerja sama dengan Pimpinan PA/PN Melonguane sesuai dengan tupoksi masing-masing demi kepentingan masyarakat Kep. Talaud. Sambutan kedua disampaikan oleh Sekretaris Mahkamah Agung (H. A. Pudjoharsoyo, S.H.) mengatakan 85 pengadilan baru yang dibentuk, masih memiliki keterbatasan sarana dana prasarana dalam operasionalnya, antara lain hanya 15 pengadilan yang tanahnya telah berstatus bersertifikat an. MA RI, 26 pengadilan berstatus hibah Pemda setempat, 26 pengadilan dalam proses hibah tanah oleh Pemda setempat, 15 pengadilan berstatus pinjam pakai tanah dari Pemda setempat bahkan terdapat 3 pengadilan berstatus belum ada alokasi tanahnya (dalam proses pengadaan). Untuk prasarana gedung kantor pengadilan terdapat 68 pengadilan yang gedungnya berstatus pinjam pakai Pemda setempat, 11 pengadilan menggunakan asset bangunan dari pengadilan terdekat (zitting plat), 3 pengadilan yang berstatus hibah dari Pemda setempat, 3 pengadilan yang berstatus sewa dari pihak lain dan 1 pengadilan berstatus pinjam pakai dari Kementerian/Lembaga setempat.
Demikian pula untuk sarana meubelair kantor pengadilan terdapat 78 pengadilan yang meubelairnya berstatus pinjam pakai, 6 pengadilan berstatus dalam proses pengadaan dan 1 pengadilan berstatus hibah. Untuk alat pengolah data (berupa PC dan Printer) terdapat 72 pengadilan berstatus pinjam pakai dari pemda setempat, 10 pengadilan berstatus sedang dalam proses pengadaan, 2 pengadilan berstatus transfer dari satker pengadilan sekitarnya dan 1 pengadilan berstatus hibah, sementara untuk kendaraan dinas ( roda dua dan roda empat) terdapat 69 pengadilan berstatus pinjam pakai Pemda setempat dan pengadilan induk (terdekat) dan 15 pengadilan berstatus dalam proses pengadaan 1 pengadilan berstatus hibah. Meskipun sarana dan prasarana pendukung operasional pengadilan baru masih serba terbatas, sesuai arahan Ketua MA, hal tersebut tidak menjadi alas an bagi aparatur pengadilan untuk tidak memberikan layanan dan semua pengadilan yang baru dibentuk bertekad untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pencari keadilan diseluruh pelosok Indonesia untuk mewujudkan Justice For All, sembari dalam waktu bersamaan Mahkamah Agung terus berupaya mengajukan permohonan anggaran untuk membangun kantor dan melengkapi infrastruktur pengadilan secara bertahap kedepannya. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya beliau mengharapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kep. Talaud dan masyarakat Kabupaten Kep Talaud, agar keberadaan Pengadilan di Melonguane ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Kep Talaud dalam melayani kepentingan hukum masyarakat di sini. Acara diakhiri dengan peresmian 85 pengadilan baru di seluruh Indonesia oleh Ketua MA RI (Prof.Dr.Muh.Hatta Ali, SH., MH). Beliau meresmikan 3 Badan Peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama, 3 (tiga) Mahkamah Syariah dan 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Untuk personel pengadilan akan dilantik 997 personel yang terdiri dari: 283 orang hakim dan 694 orang kepaniteraan dan kesekretariatan.
Terbentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administrasinya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan. Kendala geografis diwilayah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan bagi para pencari keadilan untuk bisa datang langsung ke pengadilan, baik karena jarak antara pengadilan dengan tempat tinggal para pencari keadilan yang sangat jauh atau disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat laut maupun udara, sehingga pada daerah-daerah tertentu untuk bisa sampai ke pengadila memerlukan perjuangan yang sangat berat dan biaya cukup besar. Beliau berharap dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Acara peresmian ditandai dengan pembunyian sirine secara simbolis oleh Sekretaris MA RI, Ketua MA RI, Bupati Kep. Talaud, dan Gubernur Sulut.
Berita Terbaru
  • Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Pada PN Sumedang Tahun 2021
    Senin, 06 Desember 2021

    Lebih Lanjut
  • SOSIALISASI BIMTEK APARATUR PERADILAN
    Senin, 29 November 2021

    Lebih Lanjut
  • PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PANITERA PENGADILAN NEGERI SUMEDANG KELAS IB
    Kamis, 18 November 2021

    Lebih Lanjut
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas
Pencarian
Ketua & Wakil Ketua PN Sumedang

FLOWERRY YULIDAS, S.H., M.H.
KETUA


RIYANTI DESIWATI, S.H., M.H.
WAKIL KETUA

Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu


Pengadilan Negeri Sumedang IB Mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu "A" Excellent dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI
Jam Kerja
Role Model dan Agen Perubahan

ROLE MODEL


LEO MAMPE HASUGIAN, S.H.
Hakim



ENCENG AGUS WIHARJA, S.H.
Panitera Pengganti


TIM AGEN PERUBAHAN


SERAVINA APRILIANY, S.H., M.H
Panitera Pengganti



NUR PRISTA ALSHABIRA, S.Psi.
Analis SDM Aparatur

Maklumat Pelayanan


Maklumat Pelayanan Pengadilan Negeri Sumedang Kelas IB
Nilai SKM & Nilai SPAK


RKAKL
Laporan Realisasi Anggaran
LRA BUA (097521) 
Jan-Oktober Tahun 2021 -  87,99%

LRA BADILUM (099069) 
Jan-Oktober Tahun 2021 -   77,18%

Sosial Media PN Sumedang
Link Terkait

Mahkamah Agung RI

Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta

Badilum

Badan Peradilan Umum
Jl. Jend. Ahmad Yani No.58, Jakarta

Badilum

Kepaniteraan Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No. 9-13, Jakarta

Pengadilan Tinggi Bandung

Pengadilan Tinggi Bandung
Jl. Cimuncang No. 21 D Bandung, Jawa Barat

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat
JL. RE. Martadinata, No. 54, Bandung

Pemerintah Daerah Kab. Sumedang

Pemda Kab. Sumedang
Jl. Prabu Geusan Ulun No.36, Sumedang

Kejaksaan Negeri Sumedang

Kejaksaan Negeri Sumedang
Jl. P. Soeriaatmadja No. 2, Sumedang

Polres Sumedang

Polres Sumedang
Jl. Prabu Geusan Ulun No. 2, Sumedang

Informasi Pengadilan

Kontak Email : info@pn-sumedang.go.id
No. Telp : (0261)201315
Fax: (0261)210465
Alamat : Jl. Raya Sumedang-Cirebon Km.04 No. 52 Sumedang Jawa Barat
Kode Pos : 45353

Melalui situs ini kami bertekad untuk senantiasa melaksanakan visi dan misi Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan supremasi hukum melalui kekuasaan kehakiman yang mandiri, efektif, efisien, profesional, serta memberi kemudahan dalam pemberian informasi dan pelayanan bagi masyarakat dan para pencari keadilan.

Pengunjung Situs
HARI INI : 104 ORANG

KEMARIN : 324 ORANG

MINGGU INI : 958 ORANG

BULAN INI : 2,215 ORANG

TOTAL : 8,194 ORANG
Copyright © 2021. Designed by PN-Sumedang Beranda BeritaWilayah YuridiksiHubungi Kami