Sumedang, 1 April 2021. Bertempat di Ruang Sidang Utama (Ruang Sidang Prof. Koesoemah Atmadja) Pengadilan Negeri Sumedang Kelas I B menggelar acara Pencanangan Zona Integritas (ZI) dalam upaya membangun Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan Peresmian Sarana Pelayanan Disabilitas dalam upaya mewujudkan Pengadilan Negeri Sumedang ramah kaum difabel.

Undangan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, perwakilan Kantor Kemenag Sumedang, Lapas Kelas IIB Sumedang, perwakilan Pengadilan Agama Sumedang, perwakilan DPRD Sumedang, para Hakim Pengadilan Negeri Sumedang, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB s/d selesai, agenda acara tersebut diantaranya :

  1. Penandatanganan deklarasi pencanangan Zona Integritas (ZI) dalam upaya membangun Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokraso Bersih Melayani (WBBM);
  2. Peresmian Sarana Pelayanan Disabilitas.

Ibu FLOWERRY YULIDAS, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Sumedang Kelas I B dalam sambutanya meyampaikan "pembangunan ZI merupakan program yang bertujuan mengakselerasi capaian sasaran Reformasi Birokrasi (RB) sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 yang mana diharapkan untuk dapat mewujudkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, dan bersih dari KKN.

Selain itu, (dengan ZI) diharapkan pula agar pelayanan publik semakin maju dan mampu bersaing secara global, kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi makin baik, SDM aparatur semakin profesional, serta pola pikir dan budaya kerja yang mencerminkan integritas yang semakin tinggi".

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peresmian sarana Disabilitas yang disimbolkan dengan pemotongan pita dan ujicoba sarana Disabilitas yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan. Pembangunan Sarana Pelayana Disabilitas ini dibuat, agar pelayanan bagi para pencari keadilan di Pengadilan Negeri Sumedang bisa terlayani sepenuhnya, termasuk bagi kalangan disabilitas. Jalur tersebut disediakan mulai dari depan halaman Gedung Pengadilan Negeri Sumedang sampai memasuki area dalam Gedung Pengadilan Negeri Sumedang.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa, dan foto bersama seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Sumedang Kelas IB