1. Membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas di bidang Administrasi Umum/ Kesekretariatan.

2. Mengkoordinir tugas-tugas Kepala Sub Bagian Umum & Keuangan, Kepegawaian & ORTALA dan

    Perencanaan, TI dan Pelaporan.

3. Sekretaris sebagai pejabat pembuat komitmen/penanggung jawab kegiatan bertugas:

4. Membuat dan menandatangani kontrak/SPK dan surat-surat lain yang berhubungan dengan

    pengadaan barang/jasa atau membuat perikatan dengan pihak penyedia barang/jasa yang

    mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja.

5. Menyiapkan dokumen pendukung yang lengkap dan benar serta membuat dan menandatangani

    Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang dikirimkan ke Kuasa Pengguna Anggaran kemudian

     diteruskan kepada Sub Bagian Keuangan.

6. Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala.

7. Sekretaris bertugas menyelenggarakan administrasi umum, mengatur tugas Wakil Sekretaris,

    para Kepala Sub Bagian, serta seluruh pelaksana di bagian Kesekretariatan Pengadilan Negeri Sumedang.

8. Sekretaris selaku Kuasa Pengguna Anggaran bertanggung jawab atas penggunaan anggaran.

9. Sekretaris selaku Kuasa Pengguna Barang bertanggung jawab atas keberadaan dan pemanfaatan

    barang milik negara ( BMN ).