Pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 26-27 Agustus 2020, Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Bandung datang ke Pengadilan Negeri Sumedang Kelas I B dalam rangka melakukan Asesmen Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Sumedang.

Tim yang dipimpin oleh YM. Bapak Abdul Fatah, SH. MH sekaligus sebagai Lead Assesor dan beranggotakan YM. Bapak Sir Johan, SH. MH dan Zaherwan Lesmana, SH. sekaligus sebagai Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Negeri Sumedang Kelas I B serta H. Dede Sobari, SH, MH. sebagai sekretaris.

Rangkaian kegiatan selama 2 (dua) hari tersebut didahului dengan acara Opening Meeting Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Sumedang Kelas I B oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Bandung. Pada hari itu diadakan pemeriksaan dokumen kontrol dan memeriksa setiap bagian dari unit kerja di PN Sumedang yang meliputi Top Manajemen (Ketua PN, Panitera dan Sekretaris), bagian Kepaniteraan (Kepaniteraan Hukum, Pidana dan Perdata) dan Kesekretariatan (Sub Bagian Umum dan Keuangan, Perencanaan Tehnologi Informasi dan Pelaporan, Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana).

Tujuan Akreditasi Penjaminan Mutu ini adalah untuk mewujudkan Performa/Kinerja Peradilan Indonesia Yang Unggul/Prima (Indonesia Court Performance Excellent – ICPE).

Kriterian Penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu terdiri dari 7 Kriteria yang meliputi:

  1. Leadership
  2. Strategic Planning
  3. Customer Focus
  4. Document System
  5. Resource Management
  6. Process Management
  7. Performance Results 

Saat ini Pengadilan Negeri Sumedang tengah berusaha untuk mendapatkan kembali predikat "A" Excellent yang pernah didapat pada periode sebelumnya. Perbaikan di segala bidang yang meliputi infrastruktur dan aparat Pengadilan yang profesional dan handal, serta peningkatan mutu pelayanan merupakan fokus utama dari usaha Pengadilan Negeri Sumedang. 

Dengan Motto: TAHU (Tangguh, Akuntabel, Humanis dan Unggul), Pengadilan Negeri Sumedang bertekad untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan pada khususnya dan Masyarakat Kabupaten Sumedang dan luar Kabupaten Sumedang pada umumnya.